Rabu, 17 Oktober 2012

mencegah facebook di hack orang


Hacker memang sosok yang menakutkan yang banyak merugikan orang-orang pengguna internet. salah satunya adalah pengguna facebook. hacker facebook memang tidak bisa di hentikan atau di cegah 100%. pencegahan yang dilakukan oleh facebook seperti banyak pertanyaan rahasia, penambahan keamanan dan berganti keamanan setiap periode tertentu dan masih banyak yang lainnya sebenarnya tidak menutup kemungkinan account facebook tetap dibobol maling account atau hacker. itu hanya menambah kesulitan untuk di hack atau di bobol tetapi tetap saja account dapat di bajak dengan berjuta cara termasuk cara extreem.
berikutini saya akan memberi sedikit tips mempersulit hacker atau orang iseng yang ingin membobol account anda ( bukan hacker kelas kakap).....
 
1. pertama pada email anda.
keamanan pada email itu bukan hanya terletak pada password tetapi masih banyak yang lainnya seperti:
- pertanyaan rahasia.
pertanyaan rahasia yang mungkin banyak orang menganggap ini tidak penting. padahal ini sangatlah penting untuk keamanan email anda. tetapi tidak asal untuk mengisi pertanyaan rahasia. ada triknya, yaitu dengan menjawabnya dengan kata yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan. misalnya "dimana tempat tinggal anda waktu kecil?" maka jawablah dengan kata yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan itu misalnya nama ayah anda atau teman anda "paijo, painem, jonyto". kenapa demikian? karena irang membobol facebookitu bisa dengan cara membobol email. dan membbol email itu salah satunya adalah lewat pertanyaan rahasia itu. kalau anda menjawab pertanyaan itu nyambung dengan pertanyaannya maka orang itu akan dengan lebih mudah menebak jawaban dari pertanyaan itu. bayangkan kalau pertanyaan itu tentang tempat maka orang yang ingin membobol akan mengira-ira jawaban anda tidak jauh dari kata yang berhubungan dengan tempat dan jika anda mengisinya dengan kata yang tidak ada hubungannyadengan pertanyaan otomatis orang yang mengira-ira akan mendekati kata mustahil untuk mendapatkan jawaban yang benar dari pertanyaan rahasia milik anda.
catatan: simpan jawaban pertanyaan rahasia email anda dengan hati hati dan jangan sampai lupaatau hilang karena anda jika lupa atau hilang pasti anda juga mengira-iranya pasti suatu saat nanti jika ingin membuka email.

2. yang kedua pada account facebook anda. ada beberapa titik pada account facebook yang sering digunakan orang iseng untuk membobol facebook anda. berikut ini adalah titk-titik yang sering digunakan untuk membobol:
•    data informasi privasi seperti:
•    email,
•    tanggal lahir,
•    url facebook,
•    paswword,
•    teman.
 tipsnya adalah seperti ini:

=>> sembunyikan data informasi facebook anda seperti email, url anda dari profil yang dapat anda atur di pengaturan facebook. tutorial caranya akan saya posting nanti ke depannya hehhehe sok banget yah gw?
alasannya dari tips tersebut adalah
yang pertama karena jika email anda terlihat di info facebook anda maka orang iseng akan lebih mudah membobol account anda lewat email anda karena sudah mengetahui alamat email anda lewat info account anda.
yang kedua, dengan menyembunyikan informasi seperti alamat email anda di facebook maka anda sudah mendapatkan dua lapis perlindungan jika anda sudah mempraktekan tips yang nomor satu tentang email di atas tadi.

=>> yang sudah umum dan sering di sarankan adalah paswword. gunakan password yang mengandung berbagai kombinasi angka huruf dan lebih bagus lagi dengan karakter unik. seperti contoh ni  misal pengen bikin password dengan kalimat "akusayangkamu", gapapa itu mudah di tebak, tapi bagaimana kalau diubah jadi bahasa alay kaya gini "@KU54Y@N9K4MU" haha itu akan jauh lebih sulit di tebak. dan misal orang itu menggunakan pengacak password itu akan membutuhkan waktu ber jam-jam untuk memecahkan password anda bahkan bisa gagal.

=>> kemudian teman. lho kok teman kenapa? apa yang salah dengan teman?
berikut saya jelaskan, kenapa teman? taukah anda cara mereset password facebook itu menggunakan account 3 teman dari facebook  yang akan di reset? jadi jika seseorang lupa kata sandi maka orang itu bisa mendapatkan kembali accountnya dengan menghubungi 3 teman facebooknya untuk dimintai menerima kode konfirmasi dari facebook guna mereset ulang password. jika cara ini disalah gunakan dengan cara membuat 3 account facebook baru dengan nama samaran dan di "add"kan ke account anda dan setelah anda confirmasi semua, orang itu akan dengan mudah melancarkan aksinya membobol account FB anda dengan modal 3 account facebook gadungan saja. maka dari itu ingat!!! jangan mudah menerima teman yang tidak dikenal di facebook. ok?




 3. yang ketiga adalah dari diri anda sendiri. yaitu dengan memperhatikan saran dari saya ini:

•    saat anda log in email, perhatikan kata-kata "biarkan saya tetap masuk" di bawah kotak untuk login. jika ada centangnya yang biasanya berwarna hijau makan hilangkan centang tersebut.
•    saat anda login facebook atau email di warnet atau pc/laptop orang lain saat muncul pertanyaan di browser berbunyi "remember password?" dan sejenisnya maka jangan click "ya" .
•    saat5 anda ingin membuka dan log in facebook, perhatikanlah alamat facebook anda apakah sudah benar-benar www.facebook.com atau hanya alamat palsunya ayutingting seperti alamat bayangan seperti www.ffacebok.com dan lain-lain. karena pembobol sering menggunakan cara ini, yaitu menjebak dengan alamat palsunya ayu ting-ting.
•    saat anda di warnet atau sedang facebookan di komputer orang lain,jangan tergesa-gesa. telitilah dengan account anda. apakan sudah benar-benar anda log out kan account anda. jangan sampai tertinggal.
•    setelah anda logout makan pastikan di kotak email dan password pada facebook sudah kosong.
•    klik dua kali pada kotak email, jika keluar banyak email dan salah satunya ada email anda maka pencet arah turun pada keyboard komputer, tempatkan sorotan pada email anda dengan menggunakan arah bawah atau atas pada keyboard, dan setelah tersorot tepat di email anda... tekan del atau delete pada keyboard anda

huh akhirnya selesai juga... semoga tips dari Piyelho ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya dan mempraktekanya.. amiin.......

0 komentar

Posting Komentar